Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan Sehat Dengan Buah dan Sayuran

Makan Sehat Dengan Buah dan Sayuran

Pakar diet merekomendasikan bahwa setiap orang harus makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Pentingnya buah-buahan dan sayuran untuk diet sehat telah diketahui selama beberapa waktu, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa sangat sedikit orang makan jumlah buah dan sayuran yang direkomendasikan untuk diet sehat.

Sayang sekali, karena makan buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup mungkin merupakan satu-satunya hal paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Pendekatan lima hari untuk makan sehat mungkin merupakan satu-satunya strategi terpenting yang dapat Anda adopsi untuk gaya hidup sehat.

Banyak manfaat kesehatan dari makan buah-buahan dan sayuran telah ditetapkan untuk beberapa waktu sekarang. Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya buah-buahan dan sayuran menurunkan risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan penyakit serta kondisi kronis lainnya. Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa sebanyak 35% kematian akibat kanker dapat dikaitkan dengan diet, dan bahwa diet tinggi lemak dan rendah buah-buahan dan sayuran berkontribusi terhadap kematian akibat kanker yang tidak perlu.

Buah-buahan dan sayuran memiliki banyak manfaat selain pentingnya gizi. Untuk satu hal, mereka rasanya enak dan menambah banyak variasi untuk makanan sehari-hari. Buah-buahan dan sayuran datang dalam berbagai macam warna, tekstur dan rasa yang dapat digunakan di hampir setiap makanan. Mereka yang ingin memaksimalkan konsumsi buah-buahan dan sayuran harus membiasakan diri menggunakan buah-buahan dalam salad, sebagai topping dan sebagai hiasan.

Selain rasanya yang lezat, buah-buahan dan sayuran dikemas penuh dengan banyak vitamin dan mineral penting, termasuk banyak zat gizi mikro yang tidak termasuk dalam suplemen vitamin kemasan. Misalnya, makanan seperti labu butternut, labu, wortel, mangga, persik, pepaya dan sayuran berdaun hijau kaya akan beta karoten. Beta karoten sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata.

Selain itu, sebagian besar varietas buah dan sayuran mengandung vitamin C, vitamin penting lainnya dan antioksidan yang kuat. Sumber vitamin C yang baik termasuk kubis Brussel, buah jeruk, stroberi, brokoli, nektarin, dan buah kiwi. Banyak buah dan sayuran, termasuk bayam, brokoli, dan alpukat, juga merupakan sumber vitamin E yang baik, antioksidan lain yang sangat baik.

Pria dan wanita harus selalu berusaha untuk makan makanan yang sehat, tetapi wanita memiliki insentif ekstra untuk mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk kehamilan yang sehat, dan beberapa kebutuhan nutrisi terbesar bayi terjadi sebelum kehamilan ditemukan. Asam folat mungkin merupakan nutrisi esensial yang paling terkenal untuk wanita hamil. Asam folat telah terbukti efektif mencegah berbagai cacat lahir, termasuk Spina Bifida. Sumber makanan yang baik dari asam folat termasuk kubis Brussel, brokoli, bayam dan jeruk. Selain itu, karena pentingnya bagi wanita usia subur, banyak makanan umum seperti sereal dan roti, ditambah dengan asam folat.

Selain penting sebagai sumber vitamin dan mineral, buah-buahan dan sayuran juga menyediakan serat makanan penting. Serat yang cukup dalam makanan penting untuk mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Fitur hebat lainnya dari buah-buahan dan sayuran, terutama bagi mereka yang memperhatikan berat badan mereka, adalah nutrisi tinggi, rendah lemak, rendah kalori dari makanan ini. Buah dan sayuran mengandung kadar lemak yang sangat rendah, dan diet rendah lemak bisa sangat efektif untuk penurunan berat badan jangka panjang. Selain itu, buah-buahan dan sayuran tidak mengandung kolesterol, dan mereka lebih rendah kalori daripada banyak jenis makanan lainnya.

Dengan semua hal ini terjadi pada mereka, tidak heran begitu banyak ahli diet merekomendasikan makan makanan yang kaya buah dan sayuran. Buah dan sayuran tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi juga bisa sangat murah. Membeli buah-buahan dan sayuran yang ditanam secara lokal, dan yang sedang musim, biasanya merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan buah-buahan dan sayuran segar dengan biaya serendah mungkin.

Strategi pembelian ini juga membantu memastikan aliran buah dan sayuran baru setiap bulan, karena ada yang keluar musim sementara yang lain datang. Mencoba berbagai buah dan sayuran yang berbeda, termasuk beberapa yang mungkin tidak Anda kenal, adalah juga cara yang bagus untuk membuat hidangan baru yang menarik dan mencegah Anda bosan dengan diet lama yang sama. Apakah tujuan Anda adalah menurunkan berat badan atau hanya meningkatkan tingkat kebugaran Anda, sulit untuk melakukan kesalahan dengan diet yang kaya buah-buahan dan sayuran.