Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanlah Beragam Sayuran yang Lebih Sehat

Makanlah Beragam Sayuran untuk Anda yang Lebih Sehat
Pedoman makanan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat merekomendasikan bahwa semua orang Amerika makan antara lima dan sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari. Ketika Anda pertama kali mendengar angka itu, mungkin terlihat seperti banyak, tetapi sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan untuk memasukkan banyak porsi buah dan sayuran ke dalam makanan sehari-hari Anda. Untuk satu hal, rak-rak toko kelontong dipenuhi dengan buah-buahan dan sayuran segar. Selain itu, sayuran dan buah-buahan adalah beberapa makanan yang paling murah dan kaya nutrisi di supermarket. Dengan semua buah dan sayuran ini untuk dipilih, sangat mudah untuk menjadikan makanan bergizi dan lezat ini sebagai bagian dari makanan dan camilan harian Anda.

Ketika Anda memperhitungkan berapa porsi sebenarnya, sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran per hari. Misalnya, jumlah harian yang disarankan sebenarnya setara dengan dua cangkir buah yang cukup masuk akal dan dua setengah cangkir sayuran setiap hari. Ketika Anda mempertimbangkan berapa banyak buah dan sayuran yang tersedia, dan seberapa rendah harga biasanya, mudah untuk melihat betapa mudahnya mencapai tujuan harian ini sebenarnya.

Salah satu cara hebat untuk mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dari buah-buahan dan sayuran setiap hari adalah dengan memanfaatkan sepenuhnya berbagai jenis makanan yang tersedia. Makan hal yang sama setiap hari dengan cepat menjadi membosankan, jadi mengapa tidak memilih berbagai buah dan sayuran, dalam setiap warna pelangi dan dalam setiap bentuk, ukuran dan tekstur yang mungkin, untuk memberikan diri Anda sendiri makanan yang bervariasi setiap hari.

Saat berbelanja buah-buahan dan sayuran, penting untuk memilih berbagai warna yang berbeda. Ini lebih dari sekadar alasan artistik. Buah dan sayuran berwarna yang berbeda memiliki berbagai jenis nutrisi, dan memilih berbagai warna akan membantu memastikan Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan setiap hari.

Menemukan resep baru adalah cara lain yang bagus untuk memastikan Anda mendapatkan lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari. Semua orang suka mencoba resep baru, dan resep baru ini mungkin hanya memberikan dorongan yang Anda butuhkan untuk memakan semua buah dan sayuran itu.

Resep baru juga dapat memberi Anda kesempatan penting untuk mencoba beberapa buah dan sayuran yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Misalnya, semua orang sudah makan jeruk, tetapi apakah Anda sudah mencoba buah kiwi atau mangga? Bagaimana dengan bayam atau kangkung? Mencoba hal-hal baru adalah cara yang bagus untuk menemukan favorit baru sambil mendapatkan nutrisi terbaik yang tersedia.

Banyak orang secara keliru berpikir bahwa mereka tidak perlu makan lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari jika mereka hanya mengonsumsi suplemen vitamin. Sebenarnya, tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran. Itu karena buah dan sayuran mengandung jauh lebih banyak daripada zat gizi mikro yang diidentifikasi oleh ilmu pengetahuan dan disintesis dalam pil vitamin. Sementara zat gizi mikro ini, seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin E penting untuk kesehatan yang baik, demikian juga ratusan elemen lain yang terkandung dalam makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Unsur-unsur ini tidak tersedia dalam pil apa pun, mereka harus dicerna melalui diet sehat dan seimbang yang mengandung banyak buah dan sayuran.

Selain itu, buah dan sayuran jauh lebih murah daripada pil vitamin. Buah-buahan dan sayuran sangat murah, terutama saat dibeli di musim dan ditanam secara lokal. Dalam jangka panjang, mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dari makanan yang Anda makan jauh lebih murah, dan jauh lebih baik bagi Anda, daripada menghabiskan pil vitamin itu setiap hari.

Jadi jangan lupa untuk mendapatkan lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari. Ini mungkin terlihat seperti banyak, tetapi Anda dapat memenuhi tujuan yang cukup masuk akal ini hanya dengan memasukkan buah-buahan dan sayuran sebagai makanan ringan, sebagai hiasan, sebagai lauk pauk dan sebagai makanan.