Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Masker Kain Untuk Menangkal Virus

Penggunaan Masker Kain Untuk Menangkal Virus

Saat ini negara kita Indonesia sedang dilanda pandemi virus Corona terbaru yakni Covid-19. Nah Covid-19 ini dapat menyebar dengan cepat melalui kontak fisik dan juga melalui ingus atau percikan bersin dari orang yang terkena virus ini. nah untuk mengatasi masalah ini Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat Indonesia untuk menggunakan masker setiap saat, namun karena ketersediaan masker medis yang semakin hari semakin menipis membuat pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker kain atau non medis. Hal ini supaya masker medis digunakan untuk perawat dan dokter yang menangani pasien Covid-19 ini.

Nah lalu apakah masker kain ini cukup efektif untuk mencegah penularan dari Covid-19? Tenang saja bagi anda yang mencari-cari jawaban dari kefektifan masker kain, akan saya jabarkan dalam ulasan saya dibawah ini.

Masker Kain Mampu Mencegah Penularan Covid-19 Sampai 70%

Pemerintah melalui Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 menyuruh kepada masyarakat agar menggunakan masker kain dengan tiga lapis jika memang terpaksa pergi ke luar rumah, hal ini karena masker kain dengan tiga lapisan ini mampu efektif mencegah penularan dari covid-19 ini hingga 70%. Dengan tiga lapisan dari masker kain tersebut, tentu saja masker kain bisa mencegah penularan virus ini melalui percikan cairan atau droplet yang keluar melalui hidung atau mulut orang lain yang menderita covid-19. Perlu anda ketahui juga karena 95% penularan dari Covid-19 ini terjadi melalui Droplet, untuk itu selalu gunakan masker kain tiga lapis untuk masyarakat umum yang terpaksa bepergian keluar rumah.

Saat ini ada tiga jenis masker yang tersedia di lingkungan kita, yang pertama adalah masker kain, kemudian masker bedah dan yang terakhir adalah masker N95. Namun untuk masyarakat umum dianjurkan untuk memakai masker kain. Hal ini karena masker N95 dan juga masker bedah supaya dipakai oleh tenaga medis yang bertugas untuk mengurus pasien penderita Covid-19.

Gunakan Masker Kain Maksimal Selama 4 Jam Sehari, Kemudian Kita Cuci

Pemerintah disini juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa penggunaan 1 masker kain ini hanya efektif atau mampu untuk mencegah covid-19 dalam jangka waktu 4 jam saja. Setelah itu pemerintah menganjurkan untuk masyarakat agar mencuci masker kain tersebut apabila sudah digunakan selama 4 jam.

Ada hal lain yang harus anda ketahui, yakni selain sudah dalam penggunaan 4 jam. Masker kain juga wajib anda cuci jika dalam kondisi basah. Jadi meskipun belum anda gunakan selama 4 jam namun jika masker dalam keadaan basah, sebaiknya anda langsung cuci sampai benar-benar bersih masker kain tersebut.

Dalam penggunaan masker kain, jika tangan kita ingin menyentuh masker kain tersebut sebaiknya langsung cuci tangan kita. Hal ini karena bagian luar dari masker kain tentunya sudah terkena berbagai macam virus. Atau anda bisa mengantisipasi masalah ini dengan jika ingin mencopot masker kain dari wajah, sebaiknya hindari menyentuh bagian luar dari masker kain tersebut. Sebaiknya jika ingin mencopot masker kain, langsung saja anda copot melalui tali yang mengikat masker kain tersebut ke wajah kita.

Nah bagaimana? Sudah mengerti kan sekarang tentang keefektifan masker kain untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini? Dengan begitu terjawab sudah semua tanya yang selama ini anda alami. Itulah ulasan mengenai penggunaan masker kain untuk menangkal virus, semoga bermanfaat untuk Anda semua.