Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Bakmi Jawa atau Bakmi Cina?

Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini. Bakmi merupakan makanan yang sering dan muda kita jumpai. Bakmi adalah salah satu sajian makanan yang berasal dari negara China. Awal mulanya kuliner ini bisa masuk di Indonesia dikarenakan banyaknya para pedagang dari Tiongkok yang dating ke Indonesia pada saat masa penjajahan dahulu.

Pada saat perayaan tertentu, bakmi menjadi salah satu sajian yang selalu tersaji di atas meja, terutama pada saat tahun baru dan juga hari ulang tahun. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, mie itu seperti melambangkan panjang umur sehingga nantinya kamu diharuskan untuk menyantap mie tanpa diputus atau sengaja kamu gigit karena kepanjangan. Sedangkan makanan bakmi di Indonesia sendiri diidentikan dengan makanan kuliner kaki lima yang dengan mudahnya bisa Anda dapatkan di pinggir jalan.

Walaupun namanya sama-sama bakmi, akan tetapi ada perbedaan yang bisa diperhatikan dan dilihat dengan jelas dari bakmi khas Jawa maupun bakmi khas China.

Bakmi China

Bakmi China
Sumber : Pergikuliner.com 
Jika diperhatikan dari segi teksturnya, mie yang dipakai untuk membuat bakmi khas China memilii ukuran lebih tebal dengan tingkat kekenyalan yang lumayan tinggi. Untuk bakmi yang direbus, biasanya akan ditambahkan sawi hijau, tauge, jamur cincang dan irisan daging. Untuk bumbu yang digunakan pun sudah pasti memakai saus tiram, kecap asin, minyak ikan, kecap manis dan bumbu penyedap lainnya.

Sementara untuk bakmi goreng khas China, bumbu yang dipakai tidak terlalu jauh dengan yang digunakan untuk membuat bakmi rebus China. Hanya saja ada tambahan sayuran yaitu ditambahkan dengan sedikit irisan kubis. Selain itu juga ada penambahan bakso, telur, aneka seafood seperti udang, ikan cumi, kerang atupun yang lainnya. Dengan berbagai tambahan tersebut, cita rasa yang dihasilkan pun menjadi lebih gurih dan aromanya menjadi lebih wangi.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa
Sumber : Sajiansedap.grid.id
Kali ini tentang sajian makanan bakmi khas Jawa. Begitu mudah untuk menemukan makanan bakmi Jawa ini terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbeda dengan bakmi khas China, tekstur mie pada bakmi Jawa cenderung agak kecil dan tipis dengan tekstur yang lebih empuk karena saat memasaknya dengan sengaja dimasak benar-benar matang dengan merata.

Bakmi rebus khas Jawa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bakmi Godog Jawa memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan bakmi rebus khas China. Hal ini dikarenakan bumbu yang dipakai pun jiga sangat berbeda. Perbedaan bumbu yang digunakan untuk bakmi rebus atau godog Jawa yaitu adanya tambahan daun bawang dan daun seledri yang penggunaannya tidak ditaburkan, tetapi ikut dimasak bersamaan dengan mie sehingga aroma yang dihasilkan menjadi lebih wangi. Tambahan tomat juga akan membuat kuah bakmi Jawa terasa jadi lebih segar dan tambahan telur yang sengaja dikocok dalam mie menjadikan tampilan bakmi Jawa menjadi lebih menarik. Itulah yang membuat bakmi rebus khas Jawa mempunyai rasa yang lebih creamy tetapi tetap terasa segar. Untuk racikan bumbu yang digunakan sangat terasa khas Indonesia, hal ini dikarenakan adanya tambahan bawang putih, bawang merah, kemiri yang dihaluskan dan beberapa tambahan bumbu lainnya.

Untuk bakmi goring khas Jawa, bumbuyang digunakan pun sama persis, hanya saja ditambahkan kecap manis sesuai takaran. Selain tiu, ada tambahan kubis, acar dan bawang goreng diatasnya. Cita rasa yang dihasilkan pun sudah pasti lebih manis jika dibandingkan dengan bakmi goreng khas China yang trasanya lebih gurih.

Jadi, bakmi mana yang menjadi favoritmu?