Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips dalam Memilih Meja Serbaguna untuk Beraktifitas di Rumah

Meja Serbaguna

Salah satu furniture yang mempercantik rumah dan paling sering digunakan adalah meja. Banyak pilihan harga, ukuran, bahan dan bentuk model meja yang beredar di pasaran. Namun, menemukan meja yang cocok dengan interior kadang juga cukup rumit.

Agar fungsi meja lebih maksimal, tentunya harus memperhatikan ukuran panjang dan lebarnya agar dalam penggunannya bisa lebih efektif dan tidak memakan banyak ruang. Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa Anda terapkan dalam memilih meja serbaguna untuk beraktifitas sehari-hari.

4 Tips dalam Memilih Meja Serbaguna untuk Beraktifitas di Rumah

1. Tentukan Ukuran Meja

Anda bisa mulai dengan mengukur panjang dan lebar ruangan yang akan ditempati meja. Kemudian Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran tersebut, agar meja yang digunakan tidak terlalu memakan banyak ruang.

2. Tentukan Bentuk Model Meja

Untuk menciptakan suasana klasik, banyak orang memilih meja trembesi sebagai furniture. Yang paling umum, bentuk meja trembesi adalah persegi dan persegi panjang. Ada juga meja trembesi bundar yang cocok menjadi tempat untuk mengobrol karena tidak memiliki sisi.

3. Perhatikan Model Kaki Meja

Bagian kaki meja ada yang berbentuk trestle (empat kaki dengan penopang yang saling silang), pedestal (satu kaki utama dengan penumpu empat atau tiga kaki di ujungnya), atau kaki empat biasa. Ada baiknya sebelum membeli, untuk mencoba meja dahulu untuk merasakan nyaman tidaknya posisi kaki Anda ketika menggunakannya.

4. Pilih Material Meja

Memilih material meja lumayan sulit. Ada beberapa hal yang mesti dieprtimbangkan seperti mempertimbangkan harga, kemudahan perawatan, dan gaya sesuai selera. Beberapa jenis material meja yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

  • Kayu. Kayu adalah material klasik yang awet dan tahan lama serta mudah diperbaiki. Salah satu meja kayu yang banyak peminatnya adalah meja kayu trembesi.
  • Veneer. Veneer merupakan salah satu material meja yang paling populer sebagai pengganti kayu. Harganya jauh lebih murah daripada kayu.
  • Batu. Meja batu biasanya dibuat dengan marmer, kuarsa, atau bebatuan lain yang mirip semen. Meja marmer sangat cocok untuk tampilan formal yang elegan dan mewah.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih meja serbaguna untuk aktifitas sehari-hari. Semoga bermanfaat!